Rabu, 09 Desember 2015

PTK / PKP UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB MELALUI TEKNIK TUTOR SEBAYA BAGI SISWA KELAS V SD . . . PADA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN . . . Disusun Oleh : SEKOLAH DASAR NEGERI . . . UNIT PENDIDIKAN KECAMATAN . . .

LEMBAR PENGESAHAN Yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : NIP : Pangkat, Gol. Ruang : Telah menyusun Penelitian Tindakan Kelas dengan judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi KPK dan FPB melalui Teknik Tutor Sebaya Bagi Siswa Kelas VB SD Negeri . . . pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2010-2011”

KATA PENGANTAR Puji syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Tuhan YME, yang telah melimpahkan rahmat, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan hasil penelitian tindakan kelas tanpa ada halangan yang berarti. Laporan hasil penelitian tindakan kelas ini tersusun berkat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada : 1. Kepala Unit Penndidikan Kecamatan yang telah memberi motivasi dan pembinaan selama penyusunan PTK 2 Pengawas TK/SD yang sabar dan setia mendampingi selama pembinaan penyusunan PTK 3 Kepala SD . . . . yang telah memberi izin untuk melaksanakan penelitian . 4. Guru pemandu KKG BERMUTU yang telah memandu dari tahap penelitian hingga penyusunan laporan 5. Teman sejawat khususnya guru kelas VA yang telah membantu kelancaran penelitian Demikian laporan hasil penelitian tindakan kelas ini. Semoga laporan ini berguna, terutama bagi penyusun. Oleh karena itu, segala kritik dan saran yang membangun sangatlah saya harapkan demi kesempurnaan laporan hasil penelitian tindakan kelas ini. . . . , April 2011 Penyusun

DAFTAR ISI Halaman HALAMAN JUDUL…………………………………………………………... i
LEMBAR PENGESAHAN……………………………………………………. ii
KATA PENGANTAR…………………………………………………………. iii
DAFTAR ISI…………………………………………………………………… iv
DAFTAR TABEL……………………………………………………………… vi
DAFTAR GAMBAR…………………………………………………………... vii
DAFTAR LAMPIRAN………………………………………………………… viii ABSTRAK……………………………………………………………………... ix
BAB I PENDAHULUAN
 A. Latar Belakang Masalah 1
 B. Identifikasi Masalah 3
 C. Pembatasan Masalah 3
 D. Rumusan Masalah 4
 E. Tujuan Penelitian 4
 F. Manfaat Penelitian 4
BAB II KAJIAN TEORI DAN PENGAJUAN HIPOTESIS
A. Kajian Teori
1. Hasil belajar Matematika materi KPK dan FPB 6
2. Teknik Tutor Sebaya 8
B. Kerangka Berfikir
1. Kondisi Awal 10
2. Tindakan 10
3. Kondisi Akhir 12
C. Pengajuan Hipotesis 13
BABIII METODOLOGI PENELITIAN
A. Setting Penelitian
1. Waktu Penelitian 14
2. Tempat Penelitian 16
B. Subjek Penelitian 16
C. Sumber Data 19
D. Teknis dan Alat Pengumpulan Data
 1. Teknik Pengumpulan Data 20
 2. Alat Pengumpulan Data 21
E. Indikator Kerja 22
F. Validasi Data 22
G. Analisis Data 22
H. Prosedur Penelitian
1. Siklus I 23
2. Siklus II 25
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
1. Deskripsi Kondisi Awal 26
2. Deskripsi Siklus I
 a. Perencanaan Tindakan 28
 b. Pelaksanaan Tindakan 31
 c. Pengamatan 34
 d. Refleksi 35
3. Deskripsi Siklus II
 a. Perencanaan Tindakan 37
 b. Pelaksanaan Tindakan 39
 c. Pengamatan 41
 d. Refleksi 42
B. Pembahasan
 1. Tindakan 44
 2. Hasil Pengamatan 45
 3. Refleksi 46
C. Kesimpulan Hasil Penelitian 46
BAB V PENUTUP
 A. Kesimpulan 48
 B. Implikasi 49
 C. Saran 49
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
1. Jadwal Kegiatan 14
2. Usia Siswa 18
3. Data Pekerjaan Orang Tua 18
4. Nilai Kondisi Awal 27
5. Tabel Nilai Siklus I 35
6. Tabel Perbandingan Data Awal Dan Siklus I 36
7. Nilai Siklus II 42
8. Perbandingan siklus I dan siklus II 43
9. Ringkasan Hasil Pengamatan 44
10.Ringkasan Hasil Pengamatan 45
DAFTAR GAMBAR
Gambar Halaman 2.
1.Alur Penelitian Tindakan Kelas 12 4.
1. Diagram Perbandingan data awal dan siklus I 36 4.
2. Diagram Perbandingan Siklus I Dan Siklus II 43 4.
3. Diagram Perbandingan Data Awal, Siklus I, Dan Siklus II 45
DAFTAR LAMPIRAN
 Lampiran Halaman
 1. Surat Izin Penelitian 53
 2 RPP siklus I 54
 3. Kisi-Kisi Soal Siklus I dan II 57
 4. Butir Tes Siklus I 58
 5. Kunci Jawaban siklus I 59
 6 RPP siklus II 60
 7 Butir Tes Siklus II 63
 8 Kunci Jawaban Siklus II 64
 9 Kisi-Kisi Lembar Observasi 65
10 Lembar Observasi Siklus I 66
11 Lembar Observasi Siklus II 67
12 Kisi-Kisi Angket Siswa 68
13 Angket Peserta Didik 69
14 Pendapat Dari Peserta Didik 70
14 Daftar Riwayat Hidup 63
15. Foto siklus I dan II

ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi KPK dan FPB bagi siswa kelas VB semester 1 SD negeri . . . tahun pelajaran . . . melalui penggunaan teknik tutor sebaya. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2010-2011 dalam waktu empat bulan dimulai minggu pertama bulan Agustus bertepatan dengan hari efektif belajar.Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 4 Teluk UPK Purwokerto Salatan pada kelas VB.Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VB SDN . . . tahun . . . yang berjumlah 29 siswa, terdiri dari . . . siswa dan . . . siswi Prosedur yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah tindakan kelas yang ditengarai adanya siklus. Banyaknya siklus dalam penelitian ini ada dua yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I pembelajaran menggunakan teknik tutor sebaya secara berkelompok, pada siklus II pembelajaran menggunakan teknik tutor sebaca secara berpasangan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunujukan adanya peningkatan hasil belajar Matematika materi KPK dan FPB dengan penggunaan teknik tutor sebaya. Hal ini ditunjukkan dari hasil rata-rata nilai yang dicapai peserta didik dan tingkat ketuntasan belajar peserta didik melampaui indikator kinerja. Implikasi dari penelitian ini adalah rekan- rekan guru perlu menerapkan tindakan kelas seperti yang pada penelitian tindakan kelas ini dalam pembelajaran di kelas yaitu penggunaan teknik tutor sebaya untuk materi-materi yang sesuai. Kata kunci : hasil belajar , teknik tutor sebaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar